Minggu, 20 Juli 2014

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)


A.    Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
Shadiq (2004) menyatakan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)merupakan salah satu model pembelajaran terstruktur seperti halnya model pembelajaran yang lain. Hanya saja dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih aktif berdiskusi dengan temannya. Dalam pembelajaran ini, pembelajaran kooperatif juga merupakan bagian dari pembelajaran MMP. Selain adanya sebuah diskusi dalam model pembelajaran MMP, siswa juga dituntut untuk mengerjakan tugas dalam bentuk mandiri yang diberikan oleh guru yang bersangkutan. Model pembelajaran ini juga menuntut siswa untuk mengingat kembali apa yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya sebelum pembelajaran yang baru dimulai.
Krismanto (2003) menyatakan bahwa adapun langkah-langkah dalam model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah sebagai berikut:
1)      Review, dimana guru bersama-sama siswa meninjau ulang apa yang telah tercakup pada pelajaran yang lalu selama 10 menit. Hal yang ditinjau adalah PR, mencongak, atau membuat prakiraan.
2)      Pengembangan, dimana guru menyajikan ide baru dan perluasan konsep matematika. Dalam hal ini dilakukan secara berdiskusi. Siswa diberitahu tujuan pelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pelajaran. Guru merekomendasikan 50% waktu pelajaran untuk pengembangan.
3)      Kerja kooperatif, dimana siswa diminta merespon satu rangkaian soal dan guru mengamati jika terjadi miskonsepsi. Pengembangan dan latihan terkontrol dapat saling mengisi dengan total waktu 20 menit.
4)      Seat work/kerja mandiri, dimana untuk latihan/perluasan mempelajari konsep yang disajikan guru pada langkah 2. ini berlangsung selama 15 menit.
5)      Penugasan/adanya PR.


2 komentar:

  1. mau tanya apa model pembelajaran tersebut ada buku fisiknya, soalnya saya cari itu susah sekali. saya butuh untuk bahan skripsi saya.
    terimakasih :)

    BalasHapus

DoWnLOaD RPP MATEMATIKA K13 SMP/MTS

Kumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 SEBELUMNYA LIHAT SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 DOWNLOAD DISINI...