Konsep belajar tuntas adalah proses belajar yang bertujuan agar bahan ajaran dikuasai secara tuntas, artinya cara menguasai materi secara penuh. Dengan sistem belajar tuntas diharapkan proses belajar mengajar dapat dilaksanakan agar tujuan instruksional yang akan dicapai dapat diperoleh secara optimal sehingga proses belajar lebih efektif dan efisien. Tingkat ketuntasan bermacam-macam dan merupakan persyaratan yang harus dicapai siswa. Persyaratan penguasaan bahan tersebut berkisar antara 75% sampai dengan 90%.
Ciri-Ciri Pembelajaran tuntas
¢ Siswa dapat belajar dengan baik
¢ Bakat seseorang siswa dalam bidang Pengajaran dapat diramalkan
¢ Tingkat hasil belajar bergantung waktu yang digunakan secara nyata
¢ Tingkat hasil belajar samadengan ketentuan, kesempatan belajar bakat, kualitas pengajaran, dan kemampuan memahami pelajaran.
¢ Setiap siswa memperoleh kesempatan belajar yang berdiferensiasi dan kualitas pengajaran yang berdifirensiasi pula.
Langkah-langkah belajar tuntas
¢ Kegiatan orientasi
¢ Kegiatan belajar mengajar
¢ Penentuan tingkat penguasaan bahan
¢ Memberikan atau melaporkan tingkat penguasaan setiap siswa
¢ Pengecekan keefektifan seluruh program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar