Minggu, 20 Juli 2014

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD


A. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4 orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan  pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan seluruh anggotatim telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh saling membantu. Tipe pembelajaran inilah yang akan diterapkan dalam pembelajaran matematika. (Andayani, 2007)
Bagian esensial dari model ini adalah adanya kerjasama anggota kelompok dan kompetisi antar kelompok. Siswa belajar di kelompok untuk belajar dari teman serta “ mengajar” temannya. Kemudian setelah adanya evaluasi, maka kelompok yang memperoleh nilai yang tertinggi diberikan penghargaan. (Krismanto, 2003)
B.  Tahap Pelaksanaan Pembelajaran Tipe STAD
1.  Persiapan materi dan penerapan siswa dalam kelompok.
Sebelum menyajikan guru harus mempersiapkan lembar kegiatan dan lembar jawaban yang akan dipelajari siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif. Kemudian menetapkan siswa dalam kelompok heterogen dengan jumlah maksimal 4-5 orang, aturan heterogenitas dapat berdasarkan pada:
a.       Kemampuan akadenik (pandai, sedang dan rendah)
Yang didapat dari hasil akademik (skor awal) sebelumnya. Perlu diingatpembagian itu harus diseimbangkan seingga setiap kelompok terdiri dari siswa dengan tingkat prestasi yang seimbang.
b.      Jenis kelamin, latar belakang social, kesenangan bawaan/sifat (pendiam dan aktif), dan lain-lain. (Andayani, 2007)
2.  Penyajian materi pelajaran
Ditekankan pada hal-hal berikut:
a.       Pendahuluan
Di sini perlu ditekankan apa yang akan dipelajari siswa dalam kelompok dan menginformasikan hal yang penting untuk memotivasi rasa ingin tahu siswa tentang konsep-konsep yang akan mereka pelajari.
b.      Pengembangan
Dilakukan pengembangan materi yang sesuai yang akan dipelajari siswa dalam kelompok. Di sini siswa belajajr untuk memahami makna bukan hafalan. Pertanyaan-pertanyaan diberikan penjelasan tentang benar atau salah. Jika siswa telah memahami konsep dapat beralih ke konsep lain.
c.       Praktek terkendali
Praktek terkendali dilakukan dalam menyajikan materi dengan cara menyuruh siswa mengerjakan soal, menunjuk siswa secara acak untuk menjawab atau menyelesaikan masalah agar siswa selalu siap dan dalam memberikan tugas jangan menyita waktu lama.
(Andayani, 2007)
3.  Kegiatan kelompok
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan dipelajari siswa. Isi dari LKS selainmateri pelajaran juga digunakan untuk melatih kooperatif. Guru memberi bantuan dengan memperjelas perintah, mengulang konsep dan menjawab pertanyaan. (Andayani, 2007)
4.  Evaluasi
Dilakukan selama 45-60 menit secara mandiri untuk menunjukkan apa yang telah siswa pelajari selama bekerja dalam kelompok. Hasil evaluasi digunakan sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan sebagai nilai perkembangan kelompok. (Andayani, 2007)
5.  Penghargaan kelompok
Dari hasil perkembangan, maka penghargaan pada prestasi kelompok diberikan dalam tingkatan penghargaan seperti kelompok baik, hebat dan super. (Andayani, 2007)
6.  Perhitungan ulang skor awal dan pengubahan kelompok
Satu periode penilaian (3-4 minggu) dilakukan perhitungan ulang skor evaluasi sebagai skor awal siswa yang baru. Kemudian dilakukan perubahan kelompok agar siswa dapat bekerja dengan teman yang lain. (Andayani, 2007)
C.  Kelebihan dan Kekurangan Metode STAD
1.  Kelebihan metode STAD, yaitu:
a.  Seluruh siswa menjadi lebih siap.
      b   Melatih kerjasama dengan baik.
2.  Kekurangan metode STAD, yaitu:
      a.   Anggota kelompok mengalami kesulitan.
            b. Membedakan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DoWnLOaD RPP MATEMATIKA K13 SMP/MTS

Kumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 SEBELUMNYA LIHAT SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 DOWNLOAD DISINI...