Minggu, 20 Juli 2014

Metode Diskusi



      Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan (killen;1998). Karena itu diskusi bukanlah debat yang bersifat mengadu argumentasi. Diskusi lebih bersifat bertukar pengalaman untuk menentukan keputusan tertentu secara bersama-sama.
      Menurut Bridges (1979) dalam proses pelaksanaannya,guru harus mengatur kondisi agar:
1)      Setiap siswa dapat berbicara mengeluarkan gagasan dan pendapatnya
2)      Setiap siswa harus saling mendengarkan pendapat orang lain
3)      Setiap siswa harus saling memberi respon
4)      Setiap siswa harus mencatat ide-ide yang dianggap penting
5)      Melalui diskusi setiap siswa dapat mengembangkan pengetahuan serta memahami isu-isu yang sedang dibicarakan dalam diskusi.
      Diskusi adalah metode paling efektif bagi siswa lebih cepat memahami sebuah materi pelajaran. Diskusi juga mampu membelajarkan kepada siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran secara lebih mandiri. Metode ini paling populer dipakai dalam setiap pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan,dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai perguruan tinggi. Metode ini juga selalu disebut dalam penjelasan kurikulum versi manapun yang berlaku pada dunia pendidikan di indonesia.
      Dalam diskusi selalu diwarnai tanya jawab antar peserta. Hal ini memberi kesempatan seluas-luasnya kepada peserta untuk menyampaikan pendapat, menambahkan contoh, keterangan, menolak suatu gagasan, memberi saran dan tanggapan, dan partisipasi aktif lainnya. Di pihak lain peserta juga dapat memperoleh informasi lengkap dan terperinci mengenai masalah yang sedang didiskusikan. Dengan demikian kesimpulan sebuah diskusi merupakan hasil pemikiran bersama.
      Peranan guru yang memimpin suatu diskusi lebih sukar daripada bila ia memakai cara mengajar yang lain. Cara ini meminta persiapan yang seksama dan bimbingan yang cakap. Guru harus mempunyai latar belakang pengalaman dan simpanan pengetahuan agar dia bisa memimpin sebuah diskusi secara kreatif.
      Diskusi sebagai metode pembelajaran lebih cocok dan diperlukan apabila guru hendak:
1)      Memanfaatkan berbagai kemampuan yang ada pada siswa
2)      Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan kemampuannya
3)      Mendapatkan balikan dari siswa apakah tujuan telah tercapai
4)      Membantu siswa belajar berfikir secara kritis
5)      Membantu siswa belajar menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun  teman-teman
6)      Membantu siswa menyadari dan mampu merumuskan berbagai masalah sendiri maupun dari pelajaran sekolah
7)      Mengembngkan motivasi untuk belajar lebih lanjut
C.  Kelebihan Dan Kekurangan Metode Diskusi
      Ada beberapa kelebihan metode metode diskusi, manakala diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar:
1)      Metode diskusi dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan ide-ide
2)      Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan
3)      Dapat melatih siswa untuk dapat mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal
4)      Mendidik siswa untuk belajar mengemukakan pikiran atau pendapat
5)      Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari berbagai sumber data
6)      Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama
7)      Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru
8)      Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya
9)       Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan atau keputusan yang akan atau telah diambil
10)  Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi terhadap pendapat yang bervariasi atau mungkin bertentangan sama sekali
11)  Membina siswa untuk berfikir matang-matang sebelum berbicara
12)  Berdiskusi bukan hanya menuntut pengetahuan,siap dan kefasihan berbicara saja tetapi juga menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis
13)  Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas
      Selain beberapa kelebihan diatas, metode diskusi juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:
1)      Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara
2)      Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas sehingga kesimpulan menjadi kabur
3)      Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan
4)      Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol. Akibatnya, kadang-kadang ada pihak yang merasa tersinggung,sehingga dapat mengganggu iklim pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DoWnLOaD RPP MATEMATIKA K13 SMP/MTS

Kumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 SEBELUMNYA LIHAT SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 DOWNLOAD DISINI...